SURVEI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PEMBELAJARAN SECARA LANGSUNG TERHADAP EFEKTIVITAS TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHARAN DAN REKREASI SD ALOYSIUS KOTA SEMARANG

Authors

  • Yuma Kamsun

Keywords:

pembelajaran langsung, pembelajaran jarak jauh, pjok

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dikarenakan SD Aloiysius Kota Semarang dimana siswa telah merasakan pembelajaran baik secara jarak jauh maupun secara langsung.Selain itu belum pernah dilaksanakan penelitian serupa di SD Aloiysius Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembelajaran Secara Langsung Terhadap Efektifitas Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi SD Aloiysius Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 di SD Aloiysius Kota Semarang, sudah merasakan pembelajaran secara online dan secara langsung, aktif dalam pembelajaran, sudah pahamdengan pengisian angket dan sudah pernah menggunakan google from. Hasil penelitian diperoleh perhitungan uji skala likert untuk kuesioner pembelajaran jarak jauh menunjukan hasil paling banyak yaitu poin biasa saja dengan presentase 67.44%, sedangkan hasil uji skala likert untuk kuesioner pembelajaran secara langsung menunjukan hasil paling banyak yaitu poin setuju dengan presentase 62.79%. dari hasil perhitungan tersebut bisa disimpulan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani di SD Aloiysius siswa lebih memilih pembelajaran secara langsung.

Downloads

Published

2021-12-21