Pengaruh Latihan Agility ring dan Hurdle Untuk Meningkatkan Kelincahan Terhadap Pemain Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 3 Pemalang

Authors

  • Rahmat Kriswiyanto

Keywords:

agility, ring hurdle, latihan

Abstract

Dalam penelitian ini didasari dari latar belakang kondisi fisik kelincahan pada tim futsal ekstrakulikuler SMA Negeri 3 Pemalang yang masih rendah, hal ini dapat dilihat dari pergerakan pemain yang kurang lincah dan terlalu kaku dalam permainan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Latihan Agility ring dan Hurdle untuk meningkatkan kelincahan di dalam permainan futsal dan juga untuk mengetahui mana latihan yang lebih baik dan efektif. 

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test group. Sampel dalam penelitian ini ialah 16 pemain ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 3 Pemalang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling jenuh 16 pemain. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument yang sudah pernah digunakan, dengan cara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini memperoleh peningkatan kelincahan pada pemain dengan latihan Agility ring sebesar 5,80%, sedangkan latihan Hurdle memiliki peningkatan sebesar 3,07%. Dengan hasil perhitungan tersebut, latihan Agility ring lebih efektif  untuk meningkatkan kelincahan pemain. Simpulan pada penelitian ini adalah metode latihan Agility ring lebih baik dan efektif  untuk meningkatkan kelincahan terhadap pemain ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 3 Pemalang.

 

Downloads

Published

2021-12-21