Meningkatkan Pembelajaran Passing Atas Melalui Permainan Tradisional Bola Gebok Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tengaran Kabupaten Semarang

Authors

  • Nur Cholis

Keywords:

pembelajaran, bola voli, bola gebok, passing

Abstract

Penelitian tentunya dilatarbelakangi oleh perlu adanya modifikasi menggunakan permainan daerah/tradisionalgunapeningkatannilai pembelajaranpassing atas di permainan bola voli.Disini menggunakan metode eksperimen dalam penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui valid atau tidaknya hasil tes, dilakukan uji pre-test dan post-test. kemduian penelitian memperlihatkan hasil melalui permainan tradisional modifikasi bola gebok terdapat peningkatan pada aspek kognitif 7,18% yang diperoleh dari pretest trimmed mean sebesar 6,53 dan posttest trimmed mean sebesar 7,04. Adapun pada aspek psikomotor terdapat peningkatan sebanyak 45,28% yang diperoleh dari pretest trimmed mean sebesar 10,19 dan posstest trimmed mean sebesar 14,90. Berdasar dari hasil yang diperoleh maka bisamenyimpulkanjika media belajarnya modifikasi permainan tradisional bola gebok dapat meninggikan perolehan belajar passing atas kepada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Tengaran.Saran, diharapkan pendidik mempergunakan media pembelajaran yang menarik untuk agar motivasi peserta didik semakin meningkat.

Downloads

Published

2021-12-21