EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR MENGGUNAKAN SELAT BALL DI SDN 01 MIJEN DEMAK

Authors

  • Try Susanto

Keywords:

pembelajaran, permainan, bola besar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Selat Ball di SDN 01 Mijen Demak. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia dimana pendidikan akan menempa peserta didik kearah yang lebih baik. Salah satu permainan yang disukai oleh anak sekolah dasar yaitu permainan bola besar khususnya permainan bolabasket.

Penelitian ini mengambil responden keseluruhan siswa kelas VI yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah test (pre-test dan post-test), wawancara serta observasi. Observasi dapat dilakukan secara partisipatif ataupun nonpartisipatif. . Dalam observasi partisipatif pengamat ikut serta dalam kegiatan sedangkan pada observasi nonpartisipatif pengamat tidak ikut serta dalam kegiatan, dia hanya berperan mengamati kegiatan. Analisis data penelitian ini bersifat deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran teknik dasar permainan bola besar selat ball dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola besar selat ball dan dapat pula meningkatkan aktivitas pembelajaran

Downloads

Published

2021-12-21