Manajemen Pembinaan Olahraga Bola Basket Di Kobapata (Klub Bola Basket Pamotan) Kabupaten Rembang 2020

Authors

  • Galih Lenggono Sakti

Keywords:

manajemen, pembinaan, kobapata

Abstract

Manajemen pembinaan olahraga bola basket KOBAPATA Kabupaten Rembang Tahun 2021 masih belum diketahui, dimana keberhasilan klub KOBAPATA, salah satunya ditentukan oleh manajemen dan beberapa pengurus masih belum menjalankan fungsi atau tugas manajemen dalam klub KOBAPATA. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan manajemen pembinaan olahraga bola basket di KOBAPATA tahun 2020.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian ini yaitu Ketua, Pelatih dan atlit. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode yang dilakukan secara terus menerus dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini : (1) Perencanaan belum terprogram dengan baik (2) Pengorganisasian masih belum berkompeten (3) pelaksanaan latihan masih sering terhambat karena kurangnya sarana dan prasarana (4) Pengawasan masih belum sempurna karena hanya diserahkan kepada pelatih.

Kesimpulan dari hasil penelitian diatas mengenai klub KOBAPATA dikatakan kurang baik. Saran penulis kepada pihak Ketua klub KOBAPATA untuk menjaga komunikasi yang baik dengan semua anggota supaya bisa mencapai target yang sudah dibuat.

Downloads

Published

2021-12-21