PERBEDAAN KEBUGARAN KARDIORESPIRASI POSISI PEMAIN PADA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) PERSIK PUTRA KENDAL TAHUN 2021

Authors

  • Charis Dwi Yuliyanto

Keywords:

kebugaran, sepak bola, kardiorespirasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebugaran kardiorespirasi posisi pemain pada Sekolah Sepak Bola (SSB) Persik Putra Kendal Tahun 2021. Kardiorespirasi dalam dunia sepak bola akan berpengaruh pada setiap posisi pemain. Pemain yang memiliki kardiorespirasi yang baik dapat menunjang performa dalam permainan sepak bola. Satu regu atau tim sepak bola yang terdapat sebelas posisi pemain harus sama-sama memiliki kebugaran kardiorespirasi yang baik, sehingga dapat menjalin tim yang maksimal ketika melakukan permainan

 

Penelitian ini mengambil responden satu regu pemain dari angkatan 2008 semua posisi yang terdiri dari 18 pemain diantaranya penjaga gawang, penyerang, gelandang, back, penyerang tengah, penyerang sayap, gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang serang, gelandang sayap, bek tengah, bek sayap dengan kategori usia 13 tahun. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan survey test dan pengukuran tes sebagai metode pengumpulan data. 

Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kardiorespirasi posisi pemain pada Sekolah Sepak Bola (SSB) Persik Putra Kendal.  Melihat perbedaan tingkat kardiorespirasi posisi pemain pada Sekolah Sepak Bola (SSB) Persik Putra Kendal tergolong kurang untuk posisi back  dan kurang sekali untuk posisi keeper, stracker, gelandang, stopper. Hal ini terjadi karena pengembangan kardiorespirasi siswa SSB belum optimal.

Downloads

Published

2021-12-21