MANAJEMEN SEKOLAH SEPAK BOLA PUTRA MANDIRI KOTA SEMARANG

Authors

  • Mega Seta Pujiyanti

Keywords:

manajemen, sepak bola, kota semarang

Abstract

Manajemen Sekolah Sepak Bola Putra Mandiri Kota Semarang masih belum diketahui, dimana keberhasilan Sekolah Sepak Bola. Salah satunya ditentukan oleh manajemen dan beberapa sekolah sepak bola masih belum menjalankan fungsi manajemen dalam sekolah sepak bola. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sekolah sepak bola Putra Mandiri kota Semarang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian ini yaitu Pembina, Pelatih, Wali Atlet, dan Atlet. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode yang dilakukan secara terus menerus dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dilihat dari indikator : (1) Perencanaan SSB Putra Mandiri Kota Semarang sudah mempunyai tujuan yang jelas mulai dari perekrutan pelatih yang berlisensi tetapi untuk program latihannya kondisional. (2) Pengorganisasian SSB Putra Mandiri Kota Semarang tidak memiliki struktur yang berasal dari atlet sendiri, tetapi pemegang organisasi bersala dari pembina, pelatih, dan wali atlet. (3) pelaksanaan/ penggerakan dikatakan masih kurang optimal karena adanya hambatan seperti terbenturnya jadwal latihan, sarana dan prasarana serta komunikasi. (4) Pengawasan dikatakan belum maksimal dilakukan karena evaluasi sepenuhnya diserahkan kepada pelatih dan pembina , mengakibatka pembina hanya memberi pengawasan ketika ada event perlombaan saja.

Downloads

Published

2021-12-21