PENGARUH PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 JEPARA
Keywords:
media, pembelajaran, passing, sepakbolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola kelas VII di SMP Negeri 1 Jepara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 responden. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental menggunakan analisis data uji normalitas, uji homogentitas dan uji hipotesis dengan uji validitas menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science). Suatu kuisioner dikatakan valid jika nilai r-hitung > r-tabel dan nilai sig 2 tailed < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan video pemelajaran (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Bedasarkan hasil sebelum diberikan model pembelajaran video terdapat 18 ( 56,28% ) siswa yang tuntas dan 14 ( 43,75% ) siswa yang belum tuntas. Sedangkan setelah diberikan model pembelajaran video sebanyak 24 ( 75% ) siswa yang tuntas dan 8 ( 25% ) siswa yang belum tuntas. Itu artinya media video pembelajaran mempengaruhi nilai akhir dari peserta didik. Maka hal ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima.