Pengaruh Product Quality, Promotion dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian di Mr. Bubble Cafe Pati
Keywords:
kualitas produk, promosi, bukti fisik, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha karena banyaknya kafe sejenis di sekitar lokasi Mr. Bubble Cafe Pati. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif dan signifikan product quality (kualitas produk), promotion (promosi), dan physical evidence (bukti fisik) terhadap keputusan pembelian konsumen Mr. Bubble Cafe Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji (1) pengaruh product quality terhadap keputusan pembelian (2) pengaruh promotion terhadap keputusan pembelian (3) pengaruh physical evidence terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Subyek penelitian yaitu konsumen dengan minimal dua kali pembelian di Mr. Bubble Cafe Pati. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden di distribusikan secara langsung dengan menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Accidential Sampling, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 24. Hasil uji t (parsial) diperoleh untuk variabel Kualitas Produk sebesar 5,196 > 1,986 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, kemudian untuk variabel Promosi sebesar 2,349 > 1,986 dengan signifikansi 0,021 < 0,05, dan untuk variabel Bukti Fisik sebesar 2,807 > 1,986 dengan signifikansi 0,006 < 0,05. Untuk hasil uji F (simultan) diperoleh sebesar 43,783 > 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga model regresi yang diperoleh Y = 1,527 + 0,329 X1 + 0,284 X2 + 0,428 X3. Kesimpulan hasil penelitian antara Kualitas Produk, promosi, dan Bukti Fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Mr. Bubble Cafe Pati baik secara parsial maupun simultan.