Pengembangan Media Pembelajaran Atletik Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Kendal

Authors

  • bagus dwi pujianto

Keywords:

Penelitian Pengembangan (R&D), Media Pembelajaran, Atletik, MIT App Inventor

Abstract

Bagus Dwi Pujianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Atletik Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Kendal”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,Universitas PGRI Semarang 2021.

Melatarbelakangi penelitian ini adalah pada saat proses pembelajaran online penjasorkes di masa pandemi ini, guru dalam memberikan materi menggunakan Microsoft Power Point dan link video Youtube yang dibagikan melalui Google Classroom saat pembelajaran dan infrastruktur yang ada kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran penjasorkes kelas XI atletik khususnya nomor lempar yaitu lempar cakram, lempar lembing dan tolak peluru sesuai kompetensi dasar.

Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dilakukan secara online dan offline dengan menyebarkan kuesioner melalui google form dan secara langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Kendal. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Kendal dengan skala kecil 275 siswa dan skala besar 807 siswa. Perangkat lunak dalam membuat media pendidikan ini menggunakan Mit App Inventor.

Hasil penilaian berdasarkan validasi angket dari 3 ahli materi pada aplikasi termasuk dalam kategori sangat layak rata-rata 83,69%. Penilaian 3 ahli media terhadap aplikasi dengan skor rata-rata termasuk dalam kategori sangat layak 90,28%. Tes uji kecil diikuti oleh 275 siswa kelas XI dari 8 SMA N di Kabupaten Kendal, masing-masing sekolah 1 kelas XI yang dipilih secara random atau acak memperoleh skor rata-rata keseluruhan 86,46%, dapat disimpulkan menurut kriteria penilaian media. pembelajaran dalam uji coba skala kecil ini “Sangat layak” untuk digunakan. Pada tes skala besar yang diikuti oleh 807 siswa dari 8 SMA N di Kabupaten Kendal yang masing-masing 3 kelas XI sekolah dipilih secara purposive sampling diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 85,12%, maka dapat disimpulkan menurut media pembelajaran kriteria penilaian. dalam uji coba skala besar ini "Sangat layak" digunakan. Sehingga pengembangan media pembelajaran “Athletic Throw Apps” pada mata pelajaran atletik siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Kendal “sangat layak digunakan” dan dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran

Downloads

Published

2023-01-12