Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari

Authors

  • nuke gusnia

Keywords:

Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dan rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan simultan terhadap minat belajar tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan kausal asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini memakai teknik simple random sampling dan rumus Slovin dengan jumlah responden sebanyak 188 orang. Skala Likert dan ordinal digunakan untuk mengukur penelitian ini, diolah dengan alat analisis IMB SPSS Statistics Version 22. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner ataupun angket. Uji validitas ini dilakukan dengan uji korelasi dengan taraf signifikansi (Sig.) 5%, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach's alpha > 0,70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan tinggi, (2) lingkungan teman sebaya berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan tinggi, (3) status sosial status ekonomi orang tua berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan tinggi, (4) terdapat pengaruh dan signifikan terhadap motivasi belajar, lingkungan teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua – terhadap minat melanjutkan studi Perguruan Tinggi. 

Downloads

Published

2023-01-12