Pengaruh Kemasan Produk, Kualitas Pelayanan, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Donat Pada UMKM Foodstalls Semarang
Keywords:
Kemasan Produk, Kualitas Pelayanan, dan Variasi ProdukAbstract
Kurniasari Rahmawati “Pengaruh Kemasan Produk, Kualitas Pelayanan, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Donat Pada UMKM Foodstalls Semarang”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di UMKM Foodstalls Semarang yang menyatakan bahwa UMKM Foodstalls Semarang mengalami penurunan omset secara fluktiatif dan tidak sesuai target yang sudah dirancang. Diduga pernyataan tersebut disebabkan oleh kemasan produk yang kurang sesuai, kualitas pelayanan yang kurang maksimal, juga variasi produk yang masih sedikut. Keputusan pembelian adalah keputusan pembelian adalah akhir dari sebuah proses konsumen dalam pemilihan produk yang akan dibei supaya dapat sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemasan produk, kualitas pelayanan, dan variasi produk secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian donat pada UMKM Foodstalls Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan deduktif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan metode angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen UMKM Foodstalls Semarang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif kemasan produk, kualitas pelayanan,dan variasi produk baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian.