PENGARUH MODIFIKASI OLAHRAGA GOALBALL TERHADAP KEMAMPUAN LEMPAR TANGKAP PADA SISWA TUNA NETRA SLB NEGERI 1 PEMALANG

Authors

  • hafid

Keywords:

Kata kunci: olahraga goalball , kemampuan, lempar tangkap

Abstract

Hafid Kurniawan. NPM 17230027 . “Pengaruh Modifikasi Olahraga Goalball  terhadap Kemampuan Lempar Tangkap pada Siswa Tuna Netra SLB Negeri 1 Pemalang”. Skripsi Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan dan Sosial Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Setiyawan, S.Pd., M.Or., Pembimbing II Utvi Hinda Zhannisa., M.Or.

Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan nasional yang bertujuan untuk pengembangkan kemampuan peserta didik melalui aktivitas jasmani. Pendidikan jasmani adaptif di sekolah – sekolah luar biasa terutama pada anak tunanetra ini, maka anak dapat berkreasi dan berprestasi. Rumusan masalah penelitian ini apakah permainan goalball dapat meningkatkan kemampuan lempar tangkap pada anak tunanetra di SLB Negeri 1 Pemalang? Tujuan penelitian ini mengetahui apakah pembelajaran permainan olahraga goalball dapat digunakan untuk anak tunanetra dalam meningkatkan kemampuan mobilitas.

                Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik teknik total sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas 4, 5 dan 6 sebagai kelompok kontrol dan  kelompok eksperimen yang ditentukan secara acak berdasarkan kelas atau kelompok yang sudah ada di sekolah. Teknik pengambilan data yaitu teknik tes pretest dan postets dengan teknik analisis data normalitas, homogenitas, uji hipotesis.

Berdasarkan hasil perhitungan uji t  bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan kata lain terdapat peningkatan motorik kasar yang signifikan pada permainan goalball  terhadap siswa tunanetra SD kelas 4, 5 dan 6 SLB Negeri 1 Pemalang. Kemudian dari hasil mean pretest dan postest terdapat perbedaan atau selisih dengan kelompok kontrol sebsar 2%. Sehingga dapat dikatakan adanya peningkatan yang signifikan terhadap permainan goallbal.

Kesimpulan berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modifikasi permainan olahraga goalball terhadap kemampuan lempar tangkap siswa tunanetra SLB Negeri 1 Pemalang. Saran yang menulis sampaikan kepada guru hendaknya selalu mencoba hal-hal baru dalam proses pembelajaran olahraga.

Downloads

Published

2023-01-12