PENGARUH KUALITAS WEBSITE, PELAYANAN, DAN TINGKAT KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE
Keywords:
kualitas website, pelayanan, tingkat kepercayaan, kepuasan konsumenAbstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mendeteksi pengaruh kualitas website, pelayanan, dan tingkat kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada marketplace shopee. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Universitas PGRI Semarang. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 388 mahasiswa Universitas PGRI Semarang menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan jenis simple random sampling. 1. Kualitas website berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 6,97%. 2. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 4,24%. 3. Tingkat kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 2,92%. 4. Variabel kualitas website, pelayanan, tingkat kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 29,9%.