Analisis Potensi Olahraga Pariwisata di Jurangmangu Adventure Village Pemalang

Authors

  • Elang Purbha Sejati

Keywords:

Analisis, Potensi, Jurangmangu

Abstract

Elang Purbha Sejati “Analisis Potensi Olahraga Pariwisata di Jurangmangu Adventure Village Pemalang” program studi PJKR Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2021.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilatarbelakangi oleh keresahan mahasiswa tentang potensi olahraga pariwisata di desa Jurangmangu Pemalang, yang disebabkan mengapa salah satu dari founder memilih desa Jurangmangu sebagai olahraga pariwisata. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis potensi olahraga pariwisata di desa Jurangmangu. Populasi penelitian ini berupa faktor fisik yang meliputi seluruh wilayah lahan serta fisik geografi yang terdapat di kawasan Jurangmangu sedangkan faktor non fisik meliputi masyarakat, pengelola, dan wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara induktif, yaitu analisis data yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data dalam  proses siklus.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Jurangmangu memiliki potensi yang dapat dijadikan wisata olahraga sekaligus wisata edukasi. Dalam hal ini yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu sang ayah menyalurkan hobinya kemudian anak dan ibu berwisata sekaligus edukasi dan menikmati alam yang ada di Jurangmangu. (2) Pada proses pengembangan, pengelola terkendala biaya yang dimana pemerintah desa hanya mengandalkan bantuan dari penghasilan badan usaha milik desa (BUMDES), pemerintah dan dinas pariwisata. Komunitas sepeda yang didalamnya yaitu Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) juga ikut membantu dalam hal pendanaan untuk pengembangan bike park. Sehingga proses pengembangan yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

 

Downloads

Published

2023-01-15