SURVEI TINGKAT KETERAMPILAN PASSING-STOPPING, DRIBBLING, HEADING, SHOOTING SEPAK BOLA PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) KU 14-16 TAHUN DI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2021

Authors

  • Fandi Eko Wijaryanto

Keywords:

Survei, passing and stopping, heading, dribbling, shooting.

Abstract

Abstrak  

Fandi Eko Wijaryanto. “Survei Tingkat Keterampilan Passing-Stopping, Dribbling, Heading, Shooting Sepak Bola Pada Sekolah Sepak Bola (SSB) KU 14-16 Tahun Di Kabupaten Banjarnegara”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh landasan faktual Survei Tingkat Keterampilan Passing-Stopping, Dribbling, Heading, Shooting Sepak Bola Pada Sekolah Sepak Bola (SSB) KU 14-16 Tahun Di Kabupaten Banjarnegara. Untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar sepak bola siswa pada Sekolah Sepak bola (SSB) di Kabupaten Banjarnegara.

Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 5 SSB. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdapat 94 siswa SSB. Untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar sepak bola, harus dilakukan test secara lagsung pada siswa SSB. Adapun test yang dilakukan meliputi passing and stopping, heading, dribbling, shooting.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat keterampilan dribble cukup dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori baik dengan 37 orang atau 39 %. Tingkat keterampilan passing-stopping kurang dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori kurang dengan 38 orang atau 40%. Tingkat keterampilan shooting baik dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori baik dengan 33 orang atau 35%. Tingkat keterampilan heading cukup dengan pertimbangan frekuensi terbanyak pada kategori cukup dengan 30 siswa atau 32 %.

Simpulan penelitian ini adalah : tingkat keterampilan Passing-Stopping, Dribbling, Heading, Shooting sepak bola SSB di Kabupaten Banjarnegara baik dengan rincian tingkat keterampilan dribble cukup, tingkat keterampilan passing-stopping kurang, tingkat keterampilan shooting baik dan tingkat keterampilan heading cukup dan saran dalam penelitian ini diharapkan siswa agar lebih giat dalam berlatih guna meningkatkan tingkat keterampilan teknik dasar bermain sepakbola serta diharapkan pelatih dapat memperhatikan dan memberikan variasi latihan guna meningkatkan tingkat keterampilan teknik dasar bermain sepakbola.

Downloads

Published

2023-01-12