Pengaruh Fasilitas dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK 1 Negeri Kudus Tahun Ajaran 2019/2020
Keywords:
fasilitas belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar, mata pelajaran kearsipanAbstract
Penelitian eini ebertujuan euntuk emengetahui epenggunaan efasilitas ebelajar edan ekemandirian ebelajar
esiswa secara ebersama-sama eterhadap eprestasi ebelajar emata epelajaran ekearsipan di SMK 1 Negeri Kudus.
Penelitian eini etermasuk epenelitian ekuantitatif edengan epopulasi esiswa ekelas Kelas XI Jurusan Kearsipan
di SMK 1 Negeri Kudus etahun epelajaran 2019/2020. eSampel epenelitian eberjumlah 69 epeserta edidik.
Pengumpulan edata edilakukan emenggunakan eangket, ewawancara, edan edokumentasi. ePengujian ehipotesis
data emenggunakan eanalisis eregresi eberganda.
Kesimpulanya eadalah e1) eVariabel efasilitas ebelajar eberpengaruh epositif esignifikan eterhadap eprestasi
belajar siswa. Hal ini dilihat dari koefisien garis 0,139 yang bernilai positif dan diketahui nilai t hitung sebesar
7,512 edengan esignifikansi 0,000 < 0,05. eBesarnya epengaruh efasilitas ebelajar eberpengaruh esignifikan
terhadap eprestasi belajar siswa mata pelajaran kearsipan sebesar 72,1%. e2) eVariabel ekemandirian ebelajar
berpengaruh epositif esignifikan eterhadap eprestasi ebelajar siswa. eHal eini edilihat edari ekoefisien egaris
0,045 yang ebernilai epositif edan ediketahui enilai t ehitung esebesar 2,265 edengan esignifikansi 0,028 < 0,05.
Besarnya epengaruh ekemandiria belajar eberpengaruh esignifikan eterhadap prestasi belajar siswa mata
pelajaran kearsipan sebesar 29,2%. e3) eTerdapat epengaruh epositif edan esignifikan efasilitas ebelajar dan
kemandirian belajar eterhadap eprestasi belajar siswa mata pelajaran kearsipan kelas X pada SMK Negeri 1
Kudus. eDiperoleh nilai eF ehitung esebesar 33,26 edengan esignifikansi eF esebesar 0,000. eNilai eSig. F <
0,05 emembuktikan adanya epengaruh eyang esignifikan. eAngka ekoefisien eR emenunjukkan enilai epositif
eyaitu esebesar 0,749 yang eberarti efasilitas ebelajar edan ekemandirian ebelajar esiswa esecara ebersama-sama
ememberikan pengaruh eyang epositif. eNilai ekoefisien edeterminan esebesar 72,084 eyang eberarti ebahwa
evariabel ebebas secara ebersama-sama edapat emenjelaskan evariabel eterikat esebesar 33,26% edan esisanya
100% - 33,26% = 63,74% eyang emerupakan evariabel elain eyang ebelum editeliti eoleh epenulis.