Strategi Peningkatan Pendapatan Naura Mebel Di Batang
Keywords:
Strategi, Pendapatan , Bauran Pemasaran 4PAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penjualan produk di Naura mebel selama 5 tahun terakhir pendapatan tidak stabil atau bisa dikatakan dengan fluktuasi dan mengalami penurunan. Bisa dilihat pada tabel diatas hal itu disebabkan belum tercapainya target segmen pasar, melihat kondisi tersebut Naura mebel memerlukan perancangan strategi pemasaran yang tepat dan benar agar mampu bersaing dan tetap bertahan dengan persaingan yang ketat, pada tahun awal pembukaan selama setahun pada tahun 2010 omset yang didapat Rp. 42.000.000,tetapi pada tahun selanjutnya mengalami fluktuasi. Di lihat dari data penurunan paling banyak terjadi pada tahun 2017 sebesar Rp. 78.000.000 ke 2020 omset Rp25.000.000 atau sama dengan 68%.
Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi teknik. Teknil analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk (Product), penampilan atau performance produk mebel sesuai dengan foto katalog yang diberikan, untuk produk yang diinginkan konsumen terkadang tidak memenuhi keinginan konsumennya. Sehingga tidak memiliki ciri khas yang unik yang ditonjolkan, sedangkan untuk daya tahan atau bisa dikatakan kualitas produk, menggunakan bahan baku yang berkualitas. Harga (Price), penetapan harga yang ditentukan pemilik mebel relatife mahal jika dibandingkan dengan produk mebel lainnya. Promosi (Promotion), pada usaha Naura Mebel hanya mengandalkan spanduk/banner, dari mulut ke mulut atau Word of Mouth Communication (WOM) dan media wahtshapp sebagai media promosinya.