Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mapel Administrasi Transaksi Kelas XI BDP Di SMK N 2 Blora

Authors

  • Istina Kurniati

Keywords:

Media E-learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

                “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mapel Administrasi Transaksi Kelas XI BDP Di SMK N 2 Blora”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. 2022. Sesuai  hasil observasi yang dilaksanakan saat Praktik Magang 3 dalam proses pembelajran mata pelajaran administrasi transaksi di kelas XI BDP di SMK N 2 Blora.  Prestasi belajar siswa pada mapel administrasi transaksi belum optimal. Hal tersebut bisa dilihat dari nilai bebrapa siswa untuk UH dan UT yang masih dibawah KKM yang ditetapkan yakni 75. Permasalaahan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kurang aktifnya peserta didik untuk memanfaatkan media e-learning, selain itu pula ada peserta didik yang kurang mempunyai motivasi untuk mengikuti pelajaran administrasi transaksi. Hal ini bisa dipandang masih terdapat beberapa peserta didik yang pasif dan tidak bersemangat saat pembelajaran berlangsung.  Peneltian ini bertujuan untuk menngetahui pengaruh media e-learning dan motivasi belajar teerhadap prestasi belajar.

 Jenis penelitian ini korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang di pakai untuk penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari angket/ kuisioner dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi serta nilai UH dan UTS peserta didik. Populasi pada penelitian ini merupakan anak didik kelas XI BDP SMK N 2 Blora deengan jumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel memakai sampel jenuh berjumlah 103 anggota populasi dijadikan sampel. Teknnik analisis data memakai perangkat lunak SPSS, uji asumsi klasik, uji reegresi liniear berganda, uji t dan uji F. Sesuai hasil analisis data penelitian ini memperlihatkan bahwa media e-learning mempunyai pengaruh posiitif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi  belajar. Media  e-learning dan motivasi belajar secara simultan mempunyai pengaruh positif dan siignifikan terrhadap prestasi belajar

Downloads

Published

2023-01-12