Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Shooting Free Throw Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wanasari
Keywords:
problem based learning , discovery learning , free throw, bola basketAbstract
Zoelva Tyadi Yusuf. “Pengaruh model pembelajaran problembbased learning dan discoveryylearning terhadap hasil belajar shootingffree throw bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wanasari”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022
Hasil belajar bola basket yang kurang optimal khususnya dalam shooting free throw menjadi indikator penyebab terjadinya dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang terjadi hanyaaberpusat pada guru, dimana siswa hanya diberikan penjelaskan materi dan beberapa peragaan saja, sehingga siswa kurang tertarik dengan metode pengajaran dan pengembangan materi seperti penjelasan detail teknik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning pada teknik dasar shooting free throw. Penelitian ini termasuk kedalam kuantitatif dengan metode quasi-experimental design. Penelitian ini menggunakan nonequivalent group design dengan penentuan sampel teknik probability sampling dengan tipe simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, setelah mendapat perlakuan menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran dengan problem based learning yang diterapkan di kelas VIII A diperoleh nilai |Thitung| > Tabel dan Sig.(2-tailed) < (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, 2) Model discovery learning yang diterapkan di kelas VIII C diperoleh Sig. (2-tailed) < (0,05), maka H00ditolak dan H1 diterima, 3) Model problem based learning di kelas VIII A meningkat sebesar 9,91% 4) Model discovery learning di kelas VIII C meningkat 14, 89%. Kesimpulkan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar shooting free throw baik dengan problem based learning maupun discovery learning.