KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS 5 SDN BULUGEDE KABUPATEN KENDAL
Keywords:
TGT (Team Games Tournament), Lompat JauhAbstract
Achmad Zaenuri. 15230076. “Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap
Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa Kelas 5 SDN Bulugede Kabupaten Kendal”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022. Pembimbing I Donny Anhar Fahmi,
S.Si., M.Pd., dan Pembimbing II: Dr. Agus Wiyanto, S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeahui seberapa besar keefektifan model pembelajaran Team Games
Tournament (TGT) terhadap hasil belajar lompat jauh siswa kelas V SDN 2 Bulugede Kabupaten Kendal.
Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data eksperimen yaitu melakukan test.
Desain penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, artinya bahwa test dilaksanakan dengan 2
penilaian yaitu sebelum treatment dan setelah treatment pada satu kelompok. Instrumen untuk mengukur hasil
belajar lompat jauh adalah Norma Test Kriteria Skor KKM dan Instrumen Penilaian pada RPP. Sampel
penelitian yaitu siswa kelas V SDN Bulugede Kabupaten Kendal dengan total 32 siswa. Hasil rata-rata belajar
lompat jauh penelitian ini yaitu pretest sebelum diberikan treatment sebesar 63,34 dengan varians data sebesar
79,975 dan standart deviasi sebesar 8,943. Sedangkan rata-rata hasil belajar lompat jauh posttest setelah
diberikan treatment sebesar 75,94 dengan varians data sebesar 155,673 dan standart deviasi sebesar 12,477.
Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh peningkatan terhadap hasil pretest ke posttest pada hasil belajar lompat
jauh sebesar 9,05%. Hasil uji-t menunjukkan adanya keefektifan model pembelajaran Team Games Tournament
(TGT) pada hasil belajar lompat jauh siswa kelas V SDN Bulugede Kabupaten Kendal dapat dibuktikan dengan
uji-t menunjukkan bahwa hasil pretest postest nilai t hitung sebesar -7,803dan t tabel (α=5%, df=N-1=31) sebesar
2,03951 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai |t hitung |=|-7,803| > t tabel (2,03951) dan Sig. (0,000) < α (0.05),
artinya H 0 ditolak dan H a diterima yang berarti terdapat keefektifan model TGT terhadap hasil belajar lompat
jauh siswa kelas V SDN 2 Bulugede Kendal.