PENGARUH LATIHAN AGILITY LADDER UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA SISWA EKSTRAKULIKULER PSHT DI SD N 01 KUNINGAN

Authors

  • Nanang Khosim

Keywords:

latihan, agility ladder, kecepatan tendangan sabit pencak silat

Abstract

“Pengaruh latihan agility ladder untuk meningkatkan kecepatan tendangan sabit pada siswa ekstrakulikuler PSHT di SD N 01 Kuningan”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.

Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa pencak silat ekstrakulikuler Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD N 01 Kuningan masih kurang dalam memperhatikan kecepatan tendangan sabit. Kecepatan tendangan sabit disebabkan oleh kondisi fisik yang lemah dan kekuatan otot yang lemah. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti bermaksud untuk mengusulkan suatu program latihan kecepatan tendangan sabit menggunakan latihan agility ladder. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Grup Pretest-Posttest Design, populasi penelitian ini adalah siswa pencak silat ekstrakulikuler Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD N 01 Kuningan sejumlah 10 orang yang usia 8 – 12 tahun dengan menggunakan teknik Puposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, uji hipotesis menggunakan uji paired  sampel test dan one sampel test yang diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian  kecepatan tendangan sabit menggunakan latihan agility ladder menunjukan adanya perbedaan. Diperoleh mean (rata-rata) untuk hasil pretest (test awal) pada tendangan sabit kaki kanan sebesar 15,20 dan kaki kiri sebesar 15,00 ,sedangkan rata-rata  postest (test akhir) pada tendangan sabit kanan sebesar 19,20 dan kaki kiri sebesar 19,00. Rata-rata setelah diberikan Latihan agility ladder mengalami peningkatan tendangan dengan presentase mean (rata-rata) antara nilai pretest dan posttest tendangan sabit kaki kanan sebesar 25,6% sedangkan presentase mean (rata-rata) antara nilai pretest dan posttest tendangan sabit kaki kiri sebesar 26,6%. Dapat disimpulkan bahwa data mengalami peningkatan setelah diberikan latihan agility ladder terhadap kecepatan tendangan sabit pada siswa pencak silat ekstrakulikuler Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD N 01 Kuningan.

Downloads

Published

2023-01-12