PENGARUH LATIHAN SQUAT TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI KARATEKA PUTRA DI DOJO IKONAKAMURA TRI LOMBA JUANG KOTA SEMARANG

Authors

  • Muhammad Aji Firmansyah

Keywords:

Squat, Power Otot Tungkai, Kyokushin IKO Nakamura

Abstract

ABSTRAK

Skripsi dengan judul “Pengaruh Latihan Squat Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Karateka Putra di Dojo IKO Nakamura Tri Lomba Juang Kota Semarang” di tulis oleh Muhammad Aji Firmansyah dengan NPM: 15230281. Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan., Universitas PGRI Semarang 2022. Latar Belakang dalam penelitian ini ditemukan adanya kemampuan power otot tungkai karateka putra yang lemah di dojo IKO Nakamura Trilomba Juang Kota Semarang. Hal tersebut di buktikan dalam pengukuran power otot tungkai menggunakan standing board jump test dan di peroleh hasil rata- rata kemampuan 12 karateka putra hanya 1,9041m dan dianggap masuk dalam kategori kurang. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui apakah ada pengaruh latihan squat terhadap peningkatan power otot tungkai karateka putra di dojo IKO Nakamura Tri Lomba Juang Kota Semarang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk pretest- posttest control group design dan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dengan hasil analisis latihan Squat nilai  42,612 dengan nilai signifikasi sebesar 0.851 lebih besar dari 0.05 (0.000<0.05) dan presentase peningkatan sebesar 3.68%, dapat disimpulkan bahwa data mengalami peningkatan artinya latihan squat dapat digunakan untuk meningkatkan power otot tungkai karateka putra di dojo IKO Nakamura Tri Lomba Juang Kota Semarang. Saran untuk peneliti selanjutnya metode penelitian yang digunakan bisa lebih diperbaiki.

Downloads

Published

2023-01-15