PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS X DI SMA NEGERI 1 GUBUG

Authors

  • Adi Atmojo

Keywords:

Problem base learing siswa kelas X Sma Negeri 1 Gubug

Abstract

Adi Atmojo “Pengaruh model pembelajaran Problem base learing (PBL) terhadap motivasi hasil belajar passing bawah bola voli kelas X SMA NEGERI 1 GUBUG” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, UPGRIS 2022. Latar belakang diadakan penelitian adalah meningkatkan efektifitas pembelajaran bola volley passing bawah. Sementara penelitian di tujukan untuk mencaritahu perolehan  dengan kelas control atau kelas ekperimen. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif ekperimen dalam bola voli mengunakan metode pendekatan dengan siswa kelas X dengan kelas control dan kelas ekperimen,  dengan sampel 30 siswa teknik pengolahan data dengan SPSS 15. Hasil penelitian diperoleh jika terdapat perbedaan antara ketrampilan servis bawah oleh anak didik kelas X di SMA Gubug. Nilai rata- rata perolehan belajar anak atau biasa disebut mean kelompok ekperimen  adalah 71.9667, sementara kelas control adalah 75.6333. Dapat di simpulkan jika kelas ekperimen dengan kelas control lebih tinggi kelas control. Maka dari itulah dapat di tarik simpulan jika model pengajaran dengan mempergunakan based learning memang cocok dan tepat dipilih dan dipergunakan  dalam pembelajaran passing bawah.

Downloads

Published

2023-01-12