Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA N 3 Pemalang TA 2020/2021
Keywords:
Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Savira Salasa Bella “Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA N 3 Pemalang TA 2020/2021” , Fakultas Pendidikan IPS dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021. Riset ini bermaksud guna memahami dampak kedisiplinan belajar serta motivasi belajar kepada hasil belajar mapel ekonomi di kelas X IPS SMA N 3 Pemalang TA 2020/2021. Riset ini memakai metode kuantitatif, yakni riset ini menghasilkan dengan wujud angka-angka statistik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan responden yaitu siswa kelass X IPS SMA N 3 Pemalang TA 2020/2021. Manfaat penelitian ini adalah dapat memompa hasil belajar yang lebih baik. Hasil penelitian mengenai pengaruh tingkat kedisiplinan belajar serta motivasi belajar kepada hasil belajar mapel ekonomi di kelas X IPS SMA N 3 Pemalang TA 2020/2021 yaitu kedisiplinan belajar serta motivasi belajar berdampak besar kepada hasil belajar mapel ekonomi. Guru disarankan guna lebih memperhatikan kedisiplinan siswanya dan sekolah menyediakan fasilitas yang dapat meningkatkan motivasi siswa itu sendiri.