PENINGKATAN AKURASI PASSING DAN SHOOTING MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN TEMBAK SASARAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 3 SEMARANG

Authors

  • Ravly Akhmad Baihaqi

Keywords:

Permainan target, akurasi passing, akurasi shooting dan permainan futsal.

Abstract

Abstrak

                       Ravly Akhmad Baihaqi.  NPM 18230051. “Peningkatan Akurasi Passing dan Shooting Melalui Modifikasi Permainan Tembak Sasaran Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 3 Semarang”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang 2022.

                       Latar belakang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada saat observasi di SMA Negeri 3 Semarang terdapat siswa yang tidak melakukan ketepatan passing dan shooting yang masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan akurasi passing dan shooting dengan memodifikasi permainan target shooting di aktivitas ekstrakurikuler futsal pada Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Semarang. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah eksperimen menggunakan desain kontrol pretest-posttest. Analisis data memakai statistik Uji-t. Sampel diambil dengan menggunakan sampel jenuh. Penentuan grup kontrol serta grup eksperimen Ordinal Pairing. Sampel terdiri dari 13 peserta didik laki-laki yang terdiri berasal 7 peserta didik grup eksperimen serta 6 peserta didik grup kontrol.

                       Hasil berasal penelitian ini sesuai perhitungan menggunakan T-Test pada data pretest serta posttest diperoleh Hipotesis nol (Ho) yang berarti nilai dari T hitung (2,823) > T tabel (2,228) di kontrol kontrol dan nilai T hitung (-2,140) , T tabel (2,228) pada kelompok eksperimen atau nilai signifikan (2-tailed) lebih kecil  dari nilai alfa 5% jadi Ho ditolak. Jika Ho ditolak, maka hipotesis kerja (Ha) diterima.

Berdasarkan sesuai yang akan terjadi diatas bisa disimpulkan bahwa adanya peningkatan akurasi passing dan shooting melalui modifikasi permainan tembak sasaran dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 3 Semarang.

 

Downloads

Published

2023-01-12