TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA ANAK SSB U-16 DI SSB RODA REMAJA KENDAL TAHUN 2021

Authors

  • Ardi Kurniawan

Keywords:

Sekolah Sepakbola, Keterampilan Bermain SepakBola

Abstract

Abstrak

                       Ardi Kurniawa NPM 15230206. “Tingkat Keterampilan Bermain Sepakbola Anak SSB U-16 SSB Roda Remaja Kendal. Program Study Pendidikan Jamani Kesehatan danRekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolhragaan Universitas PGRI Semarang 2022.

                       Penelitian ini dilatar belakangi oleh Sekolah SepakBola (SSB) adalah wadah atau tempat yang tepat guna meningkatkan keterampilan sepakbola bagi anak usia dini, Sekolah SepakBola dibentuk kualitasfisik dan keterampilan teknik dasar bermain sepak bolanya secara benar, cemat, serta secara sistematik sesuai prinsip latihan namun prestasi yang diraih SSB Roda Remaja masih belum mencapai prestasi yang terbaik, SSB Roda Remaja sudah banyak mengikuti kejuaraan hanya pada turnamen Piala Kades pada tahun 2018 prestasi terrbaik yang sudah dapat dicapai SSB Roda Remaja.

                       Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bermain sepakbola SSB Roda Remaja pada jenis “kurang sekali” dengan presentase sebesar 6,66%, masuk dalam jenis “kurang” dan presentase sebesar 26,66%, masuk dalam jenis “cukup” dengan presentase 50%, masuk dalam jenis “baik” dengan presentase 16,67% dan jenis “baik sekali”  presentase 0%. Sedangkan nilai rata-rata, yaitu 47,61, tingkat keterampilan permainan sepak bola peserta ekstrakurikuler sepak bola anak SSB U-16 di SSB Roda Remaja pada kategori “cukup”. Berdasarkan sesuai yang akan terjadi diatas dapat diakibatkan oleh kurang  kemampuan  seorang pelatih saat  mengaplikasiikan program-program latihan, terpenting adalah latihan teknik dasar  kaitannya dengan kemampuan ketrampilan bermain sepakbola.

 

 

Downloads

Published

2023-01-15