PENGARUH METODE TARGET TERHADAP KETEPATAN SMASH BOLA VOLI PADA PEMAIN BOLA VOLI PUTRI KLUB BERLIAN MUDA LIMBANGAN

Authors

  • Hardiyanto Wibowo

Keywords:

Bola Voli, Target, Smash, Atlet Putri.

Abstract

ABSTRAK

Hardiyanto Wibowo “Pengaruh Metode Target Terhadap Ketepatan Smash Bola Voli pada Pemain Bola Voli Putri Klub Berlian Muda Limbangan”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.

Riset ini dilatarbelakangi oleh menyusutnya pencapaian prestasi atlet klub bola voli gadis Berlian Muda Limbangan Kendal. Perihal ini diakibatkan pemain kerap hadapi sebagian kesalahan dikala melaksanakan smash pada pertandingan di mana bisa merugikan regu. Sementara itu smash ialah metode dengan kesempatan lebih besar buat memperoleh angka dibanding metode yang lain. Oleh karena itu dibutuhkan tata cara latihan yang pas dalam upaya tingkatkan ketepatan smash. Salah satu tata cara latihan smash yang bisa dicoba merupakan lewat tata cara sasaran.

Tujuan riset merupakan buat mengenali pengaruh tata cara sasaran terhadap ketepatan smash bola voli pada pemain bola voli gadis Klub Berlian Muda Limbangan. Tata cara riset yang digunakan merupakan kuasi eksperimen yang bertujuan umtuk mengenali daya guna tata cara sasaran buat tingkatkan keahlian smash bola voli. Ilustrasi riset didetetapkan dengan mengunakan ordinal pairing, sebanyak 24 orang yang dibagi dalam kelompok ekperimen A serta kelompok ekperimen B. Uji keahlian ketepatan ataupun akurasi smash bola voli yang digunakan mengacu pada uji keahlian smash dari Robert E. Laveage, dengan validitas uji 0, 828 serta reliabilitas uji 0, 906 hingga instrumen dalam riset memiliki tingkatan kesahihan sangat besar.

 

Hasil riset menampilkan kalau terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian perlakuan tata cara sasaran terhadap ketepatan smash Pemain Bola Voli Gadis Klub Berlian Muda Limbangan. Seseorang pemain wajib dibekali dengan skill ataupun metode bawah buat bisa bermain voli dengan baik. Dengan demikian metode bawah game voli sangat diperlukan sekali dalam game ataupun pertandingan bola voli.

Kesimpulan kalau tata cara sasaran mempengaruhi positif serta signifikan terhadap ketepatan smash pemain bola voli gadis klub Berlian Muda Limbangan Kendal. Anjuran untuk pelatih klub Berlian Muda Limbangan Kendal bisa dijadikan pegangan buat melatih dengan memakai tata cara bermain sasaran terhadap kenaikan ketepatan Smash.

 

Downloads

Published

2023-01-15