Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Rebana Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jepara

Authors

  • Mohamad Riduwan

Keywords:

Strategi Pemasaran, Strategi Keuangan, Kerajinan Rebana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dan strategi keuangan usaha kerajinan rebana dalam menghadapi pandemi covid-19 di Kecamtan Pecangaan Kabupaten Jepara. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bawa strategi pemasaran usaha kerajinan rebana dalam menghadapi pandemi covid-19 yaitu dengan memodifikasi bauran pemasaran 7P yang meliputi aspek produk, harga, promosi, lokasi, bukti fisik, orang dan proses seperti menurunkan jumlah produksi produk jadi per hari, mengurangi jumlah karyawan dan mengurangi jam kerja karyawan. Kemudian untuk strategi keuangan dengan menerapkan perencanaan, pencatatan, pelaporan dan pengendalian. Para pemilik usaha strategi perencanaan modal usaha ditengah pandemi covid-19 lebih memilih menjual aset berwujud berupa perhiasan dan pinjam ke teman dari pada pinjam dibank. Strategi pencatatan para pemilik usaha hanya melakukan pencatatan kas masuk dank as keluar secara manual saja. Strategi pelaporan para pemilik usaha rata-tata tidak membuat pelaporan keuangan sesuai standard akuntansi yang baku. Pengendalian dilakukan dengan pengarsipan nota penjualan, prosedur pemesanan barang dan prosedur pengembalian barang.

Downloads

Published

2023-01-12