KOLABORASI BISNIS DALAM PERKEMBANGAN BISNIS CLOTHING DI BREBES

Authors

  • Moh. Ramli

Keywords:

kolaborasi bisnis, clothing, perkembangan bisnis

Abstract

Moh. Ramli “Kolaborasi Bisnis dalam Perkembangan Bisnis Clothing di Brebes” Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis clothing lokal daerah Brebes untuk memperkenalkan brand lokal daerahnya kepada daerah lain supaya lebih dikenal dan bisa bersaing dengan brand lokal daerah luar Brebes  seperti Semarang, Bandung, Jogja dan daerah lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kolaborasi bisnis dalam perkembangan bisnis clothing di Brebes. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di dua otlet clothing lokal daerah Brebes. Fokus dalam penelitian ini adalah kolaborasi bisnis terhadap perkembangan bisnis clothing di Brebes. Informan yang terlibat untuk penelitian ini adalah owner cangkemu cloth, owner hybird limited, kepala dinas koperasi, UMKM dan perdagangan dan 15 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum dilapangan dan analisis dilapangan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa eksistensi kolaborasi bisnis clothing di Brebes belum meningkat, strategi yang digunakan adalah menciptakan produk lokal yang unik dan iconic, dan model kolaborasi yang digunakan adalah model key partners

Downloads

Published

2023-01-13