ANALISIS MANAJEMEN PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT PERGURUAN GARUDA NUSANTARA DI KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Lisa Sherina Nafa Afati

Keywords:

Kata kunci : Analisis, Manajemen Pembinaan, Pencak Silat.

Abstract

Abstrak

Lisa Sherina Nafa Afati. 18230312. “Analisis Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Pencak Silat Perguruan Garuda Nusantara Di Kabupaten Kudus”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2022.

Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembinaan cabang olahraga pencak silat perguruan Garuda Nusantara di Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak dari keefektifan manajemen yang baik bagi Perguruan Pencak Silat Garuda Nusantara Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan metode penelitian menggunakan survei. Populasi seluurh anggota dan pengurus Perguruan Pencak Silat Garuda Nusantara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi.

Hasil penelitian ini perguruan pencak silat Garuda Nusantara dalam tahap pembinaan sudah menjalankan proses perekrutan atlet, kriteria atlet, mengidentifikasi bakat atlet dan cara mengenali bakat dari atlet dengan baik dan sudah berlajan dan terlaksana dengan baik. Dalam tahap prestasi perguruan pencak silat Garuda Nusantara sudah melaksanakan dan menjalakan proses pedoman pemanduan bakat, penetapan sasaran, program latihan dan tahapan latihan, capaian prestasi atlet sudah berlajan dan terlaksana dengan baik Perguruan pencak silat Garuda Nusantara tidak mengalami kendala atau hambatan yang berarti mengenai pembinaan dan prestasi.

Kesimpulan dari manajemen pembinaan cabang olahraga pencak silat perguruan Garuda Nusantara di Kabupaten Kudus sudah berjalan dengan baik dan tidak mengalami hambatan yang berarti. Saran, bisa di gunakan sebagai acuan perguruan Garuda Nusantara untuk lebih maju dan berkembang lebih baik lagi serta tingkatkan prestasi perguruan Garuda Nusantara.

Downloads

Published

2023-01-15