Pengaruh Metode Hypnoteaching dan Fun Teaching Terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa SD Gringsing 03 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Authors

  • Mirza Gulam Muhammad

Keywords:

Kata Kunci: Hypnoteaching, Fun teaching, Hasil belajar, Lompat Jauh

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah adanya pengaruh dan perbedaan antara metode hypnoteaching dan fun teaching terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa SD N Gringsing 03. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Jenis penelitian ini menggunakan two group pretets dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini Kelas IV dan V SD N Gringsing dengan jumlah 28 siswa. Teknik yang digunakan purposive sampling. Dengan ini hasil penelitian menunjukan : (1). Adanya pengaruh metode metode hypnoteaching terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa SD N Gringsing 03. Dengan hasil uji normalitas menunjukan nilai sig pretest sebesar 0,384 > 0,05. Hasil rata-rata nilai sig posttest sebesar 0,106>0,05. Hasil nilai sig ( 2- tailed ) 0,00<0,05. Hasil Uji perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest metode hypnoteaching sebesar 3,9 dengan presentase peningkatan sebesar 5 %. 2. Adanya pengaruh metode fun teaching terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa SD N Gringsing 03. Hasil uji normalitas nilai sig pretest fun teaching sebesar 0,137> 0,05 dan nilai sig posttest 0,100>0,05. Nilai sig ( 2-tailed ) dengan jumlah 0,00 < 0,05. Nilai fun teaching memiliki selisih rata-rata pretest dan posttest sebesar 5,5 dengan presentase peningkatan sebesar 7,2 %. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil data dengan nilai sig based on maen > 0,05 dan 0,231 > 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan kelompok hypnoteaching > fun teachig. Metode fun teaching lebih baik dibandingkan metode hypnoteaching.

Downloads

Published

2023-01-12