Peran Brand Ambassador dalam Peningkatan Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening)
Keywords:
brand ambassador, penjualan, pemasaran.Abstract
Rapita Dewi Sinaga “Peran Brand Ambassador dalam Peningkatan Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus Song Joong Ki sebagai brand ambassador Scarlett Whitening)”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan produk kosmetik lokal dengan produk kosmetik luar negeri yang semakin ketat beberapa tahun terakhir serta maraknya tokoh luar negeri sebagai brand ambassador produk lokal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran brand ambassador Song Joong Ki dalam peningkatan penjualan produk kosmetik Scarlett Whitening.Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi, sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador sangat membantu merek dagang diingat oleh masyarakat dan menimbulkan rasa ingin tahu terhadap produk yang diiklankan sehingga menimbulkan keinginan untuk melakukan pembelian.