PENGARUH METODE LATIHAN PLYOMETRIC DEPTH JUMP DAN JUMP TO BOX TERHADAP KEMAMPUAN JUMPING SMASH BOLA VOLI DI CLUB MUTSER U-17 UNGARAN

Authors

  • Wahid Nugroho

Keywords:

Latihan, Lompatan, Bola voli

Abstract

Wahid Nugroho.17230083. “Pengaruh Metode Latihan Plyometric Depth Jump Dan Jump To Box  Terhadap Kemampuan Jumping Smash Bola Voli Di Club Mutser U-17 Ungaran”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2021.

Latar belakang penelitian ini adalah belum pernah diadakan penelitian yang serupa di Klub MUTSER Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Latihan Plyometric Depth Jump dan Jump To Box Terhadap Kemampuan Jumping Smash Bola Voli Di CLUB MUTSER U-17 UNGARAN

Penelitian ini adalah eksperimen dan pengambilan data menggunakan metode the nonequivalent pretest-posttest group design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menuangkan frekuensi dalam bentuk persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 atlit klub bola voli MUTSER. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling .

Hasil penelitian ini menunjukan  tingkat lompatan jumping smash yang berkategori baik sekali 1 orang  , baik 3 orang , sedang 9 orang , kurang 7 orang dan kategori kurang sekali 0 orang. Untuk pengkategorian secara umum tingkat lompatan jumping smash atlit klub bola voli MUTSER adalah sedang dengan pertimbangan rata-rata terbanyak pada nilai 53,3 atau dikategori sedang.

Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan lompatan jumping smash atlit klub bola voli MUTSER melalui  Metode Latihan Plyometric Depth Jump Dan Jump To Box rill..

Downloads

Published

2023-01-15