PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SMA N 1 SUMBER

Authors

  • Rida’ul Alfi Khoiri

Keywords:

Student Teams Achievement Division (STAD) dan Problem Based Laerning (PBL), Passing Bawah Bola Voli, Hasil Belajar

Abstract

Rida’ul Alfi Khoiri “Perbandingan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dan problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli SMA N 1 Sumber” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. 

Dalam proses kegiatan pembelajaran diperlukan beberapa perangkat dan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, kegiatan pembelajaran juga dapat menemui permasalahan salah satunya yaitu siswa cepat merasa bosan dengan penyampaian materi dari guru sehingga kegiatan pembelajaran tidak berjalan secara efektif. Begitupun di SMA N 1 Sumber dalam penyampaian materi passing bawah bola voli kelas XI belum efektif.

Penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam meneliti yaitu merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan membandingkan antara nilai pretest-posttest two grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Sumber. Pengambilan sampel untuk menguji hipotesis menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Dalam pengumpulan data penelitian maka peneliti menggunakan metode tes. Untuk menguji hasil data yang diperolah maka digunakan alat bantu SPSS Versi 25. 

Berdasarkan uji analisis data yang diperoleh maka dapat diketahui bahwa ada perbedaan antara penerapan model problembased learning dan model Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar passing bawah bola voli peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumber dengan ditunjukan pada kelas XI MIPA 1 sebesar 82,85 dan XI MIPA 2 sebesar 85,94.

Simpulan pada penelitian ini yaitu adanya.pengaruh antara model.pembelajaran.problem.based.learning terhadap.hasil.belajar, terdapat pengaruh antara student teams achievement  division terhadap hasil belajar dan terdapat perbedaan antara penerapan model pembelajaran problem based learning dan model student.teams.achievement.division terhadap hasil.belajar.passing bawah bola voli peserta didik kelas.XI.SMA.Negeri.1 Sumber. Saran peneliti yaitu hendaknya sekolah menyediakan fasilitas yang menunjang pembelajaran yang memadai

Downloads

Published

2023-01-12