TINGKAT KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING PJOK MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI IAM SCHOOL SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Muhammad Muhsinul Fuad

Keywords:

Kata Kunci :tingkat keberhasilan, pembelajaran daring, media aplikasi iam school, PJOK, sekolah dasar.

Abstract

Abstrak 

Muhammad Muhsinul Fuad ”Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Daring PJOK Menggunakan Media Aplikasi  Iam School  Sekolah Dasar  Se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang” Program Studi PJKR Fakultas Pendidikan Ilmu  Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran daring di masa pandemi covid-19,di Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Pabelan,Kabupaten Semarang menggunakan media aplikasi pembelajaran bernama Iam School oleh PT.IAM EDU NETWORKS.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pembelajaran daring PJOK menggunakan media aplikasi  Iam School  sekolah dasar  se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah survey, teknik pengambilan data menggunakan angket, skor yang diperoleh dari angket, Uji coba keabsahan data menggunakan validasi instrument dan reabilitas instrument.Hasil dari peneltian ini adalah tingkat keberhasilan pembelajaran daring PJOK menggunakan media aplikasi  iam school  sekolah dasar  se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 1,7% (1 Siswa), “tinggi” sebesar 34,5% (20 Siswa),”cukup” sebesar 41,4% (24 Siswa)  “rendah” sebesar 20,7% (12 Siswa) dan “sangat rendah” sebesar 1,7% (1 Siswa). Berdasarkan nilai rata-rata dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat keberhasilan pembelajaran daring PJOK menggunakan media aplikasi  Iam School  Sekolah Dasar  Se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang dapat dikatakan berhasil dengan hasil dari 58 siswa, 45 siswa (77,5 %) menyatakan berhasil dan 13 siswa (22,5%) menyatakan tidak berhasil..

Downloads

Published

2023-01-12