Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membina Karakter Disiplin Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang
Keywords:
Peran, Guru PPKn, Karakter Disiplin, Prestasi BelajarAbstract
Guru PPKn salah satu pendidik yang profesional karena berperan penting di dalam membina karakter disiplin karena berkaitan dengan sikap dan perilaku moral dari sini maka dibutuhkannya kompetensi supaya guru PPKn mampu untuk meningkatkan mutu dari pendidikan. Guru PPKn disini bukan hanya mengajarkan tentang materi-materi kewarganegaraan saja, melainkan juga mengajarkan dan membangun karakter dari siswanya supaya mampu menjadi seorang yang berkarakter dan bisa memposisikan dirinya dengan baik, Maka perlu adanya pemahaman kepada siswa untuk menantiasa menaati tata tertib yang telah disepakati.. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membina karakter disiplin untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa peran guru dibagi menjadi 5 yaitu peran guru PPKn sebagai motivator untuk membina karakter disiplin dengan memberikan penguatan materi dan motivasi kepada siswa yang berkaitan dengan karakter disiplin dengan membiasakan disiplin di kelas, peran guru PPKn sebagai mediator untuk membina karakter disiplin yaitu guru PPKn menggunakan media pembelajaran berupa Tv digital dan menggunakan proyektor untuk memudahkan pembelajaran dikelas, Peran guru PPKn sebagai fasilitator untuk membina karakter disiplin menggunakan prinsip reward bagi siswa yang sudah menunjukan karakter disiplin dan guru juga menyediakan seluruh perangkat pembelajaran yang dibutuhkan siswa, Peran guru PPKn sebagai evaluator untuk membina karakter disiplin memberikan ulangan lisan, perbaikan tugas, perbaikan portofolio dan remidial, Peran guru PPKn sebagai organisator untuk membina karakter disiplin guru telah membuat intrumen pembelajaran.