PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BLENDED PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA SEMARANG PADA ERA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Pembelajaran Blended, PPKn Pandemic Covid-19Abstract
Felda Yuliantika Silvana “Pelaksanaan Pembelajaran Blended Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang Pada Era Pandemi Covid-19”. Latar belakang penelitian Ditengah Pandemi Covid-19, dunia pendidikan teramat terasa, khususnya Universitas yang memiliki banyak mahasiswa, kegiatan pembelajaran harus tetap berjalan meskipun dengan kondisi yang memprihatinkan, hingga pada akhirnya banyak Universitas yang menggunakan blended sebagai metode pembelajaran yang dapat membantu mengatasi kondisi pandemi saat ini.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif, dengan berfokus pada pembelajaran Blended, Setting Penelitian ini adalah Universitas PGRI Semarang Pada Program subjek penelitian ini adalah Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Sumber data yang digunakan di dalam penelitian merupakan sumber data primer dengan melakukan pengambilan data berupa wawancara langsung kepada sumber, dan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan Didalam perencanaan pembelajaran blended, dosen harus mempersiapkan pembelajaran blended seperti alarm pembelajaran, teknologi dan internet, mahasiswa pun harus mempersiapakan kuota internet, terdapat metode yang digunakan dalam pembelajaran blended berupa metode metode konvensional, metode interaktif, kedua-dua nya di satukan, atau penggabungan antara metode online dan juga offline, media yang digunakan dalam pembelajaran blended bisa berupa Google Meet, Zoom, WA Group, Class room dan Video Conference, sarana dan prasarana dalam pembelajaran blended jika online harus memiliki wifi atau kuota sedangkan jika offline universitas menyediakan hand sanitizer, didalam pelaksaan pembelajaran blended seringkali terjadi kendala yaitu kendala jaringan atau sinyal yang sering terputus-putus.Didalam penilaian pembelajaran blended terdapat dua hal yaitu evaluasi pelaksanaan UTS dan evaluasi pelakasaan UAS dengan menggunakan blended, Evaluasi pelaksanaan UTS dan UAS dalam pembelajaran blended berjalan dengan baik sesuai dengan jadwalnya ,jadwal sudah disusun oleh prodi mahasiswa mengupload lewat SIP atau SPADA atau evaluasi pembelajaran blended dilakukan secara daring.