ANALISIS PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang)

Authors

  • Vebri Dwi Prasetyo

Keywords:

Partisipasi, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Vebri Dwi Prasetyo, “Analisis Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang)”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan secara online sejak adanya pandemi Covid-19 yang mepengaruhi partisipasi mahasiswa didalam kelas online. 

Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan seperti apa partisipasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam pembelajaran jarak jauh di Universitas PGRI Semarang. Subjek penelitian ini adalah para mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara secara langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data yang telah diperoleh. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman, 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online selama pandemi terhadap mahasiswa ekonomi masih kurang baik. Kurangnya partisipasi aktif seperti memperhatikan dosen ketika menjelaskan materi, tidak mau bertanya walaupun sebenarnya mereka belum memahami, dan lain sebagainya. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sinyal yang tidak selalu bagus dan jadwal yang terkadang berubah juga membuat para mahasiswa lupa akan jadwal perkuliahannya. Faktor lainya seperti, cara mengajar dosen yang monoton.

Downloads

Published

2023-01-12