UPAYA GURU PPKn MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Keywords:
Upaya Guru PPKn, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki siswa, karena dengan berpikir kritis siswa dapat mengembangkan nalar dan kemampuan berpikirnya dalam mencari jalan keluar pada sebuah permasalahan. Kemampuan berpikir kritis tidak hanya diperlukan di sekolah, tetapi juga sangat berguna di kehidupan luar karena akan lebih bisa menerima pendapat orang lain, atau terbuka pada pendapat yang berbeda. Tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dan belum banyak dimiliki oleh siswa karena dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya yaitu siswa kurang aktif, tidak berani menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru, kurangnya motivasi dan pendekatan dari guru, terbatasnya alat penunjang pembelajaran, serta pembelajaran masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.di SMA se-Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal dengan cara observasi dan dokumentasi yang dikumpulkan di lapangan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa guru PPKn sudah berupaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan cara mengajar menggunakan metode maupun model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa, pembelajaran dibuat dengan model diskusi, tanya jawab, serta bermain peran sehingga pembelajaran lebih difokuskan kepada siswa, menayangkan video atau gambar yang bersangkutan dengan materi pembelajaran kemudian meminta siswa untuk menanggapi, memberikan tugas yang berbentuk analisis, meminta siswa untuk merangkum atau menyampaikan kesimpulan pembelajaran.