PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FUN POST GAME EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KEBUGARAN JASMANI KELAS IV SD N 01 BRINGIN
Keywords:
Fun Post Games Education, Kebugaran Jasmani, Siswa Kelas IV SDN 01 BringinAbstract
Rizki Aji Saputra “Pengaruh Model Pembelajaran Fun Post Game Education Terhadap Hasil Belajar Materi Kebugaran Jasmani Kelas IV SDN 01 Bringin”, PJKR, FPIPSKR UPGRIS. 2022. Dalam pelaksanaan penelitian diketahui kendala yang dihadapi siswa kelas IV SDN 01 Bringin ketika aktivitas pembelajaran, sebab kurang adanya inovasi sehingga perolehan belajarnya mengalami penurunan. Penelitian ini ditujukan guna mencaritahu pengaruh seperti apa saja yang diberikan pembelajaran Fun Post Game Education terhadap hasil belajar materi kebugaran jasmani kelas IV SDN 01 Bringin. Penelitian ini mempergunakan metode penelitian eksperimental. Instrumen dalam pengumpulan data ini menggunakan TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia). Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 01 Bringin dan sejumlah 35 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh TKJI dari siswa kelas IV SDN 01 Bringin dipertemuan 1 dikategori “baik” sebesar 11,43% atau sekitar 4 siswa dari 35 siswa, dikategori “sedang” sebesar 28,57% sekitar 10 siswa, dikategori “kurang” sebesar 51,43% sekitar 18 siswa dan dikategori “kurang sekali” sebesar 8,57% sekitar 3 siswa. Kemudian dipertemuan ke 2 dikategori “baik” sebesar 45,76% sekitar 16 siswa dari 35 siswa, dikategori “baik sekali” sebesar 2,86% sekitar 1 siswa, dikategori “sedang” sebesar 14,3% sekitar 5 siswa, dikategori “kurang” sebesar 22,88% sekitar 8 siswa dan dikategori “kurang sekali” sebesar 14,3% sekitar 5 siswa. Kesimpulannya, dalam pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan metode Fun Post Game siswa kelas IV SDN 01 Bringin mengalami peningkatan dari pertemuan 1 dan 2.