PENGARUH LATIHAN OTOT KAKI MENGGUNAKAN METODE SQUAT TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN POWER SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DI SSB PUTRA KUKAR KALIWUNGU

Authors

  • Adjie Sulistiyo

Abstract

Adjie Sulistiyo. NPM 18230131. “Pengaruh Latihan Otot Kaki Menggunakan Metode Squat Training Terhadap Kemampuan Power Shooting Dalam Permainan Sepak Bola di SSB Putra Kukar Kaliwungu”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2022.

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kemampuan Shooting pemain SSB Putra Kukar Kaliwungu belum maksimal, kurangnya latihan yang terprogram, dan metode latihan yang kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh latihan otot kaki menggunakan metode squat training terhadap kemampuan power shooting dalam permainan sepak bola di SSB Putra Kukar Kaliwungu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre-Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah 15 pemain SSB Putra Kukar Kaliwungu sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (praktik shooting bola), observasi (pengamatan latihan squat), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan pengujian hipotesis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latihan otot kaki menggunakan metode Squat Training terhadap kemampuan power shooting dalam permainan sepak bola di SSB Putra Kukar Kaliwungu. Besarnya pengaruh yang diberikan dengan model Squat Training diperoleh nilai R-Square sebesar 0,758, maka metode Squat Training berpengaruh terhadap kemampuan power shooting dalam permainan sepak bola di SSB Putra Kukar Kaliwungu sebesar 76%.

 

Downloads

Published

2023-01-15