Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Mapel Penjasorkes Pada Masa Pendemi Covid-19 di SMPN 2 Kendal
Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Fasilitas Belajar, Pembelajaran DaringAbstract
Transisi pembelajaran reguler atau tatap muka ke pembelajaran dalam jaringan yang dilakukan secara online sangat penting bagi SMPN 2 Kendal sejak mewabahnya pandemi Covid-19 di Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi tentang; (1) pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektifitas pembelajaran daring Mapel Penjasorkes, (2) pengaruh positif dan signifikan fasilitas mediapembelajaran terhadap efektifitas pembelajaran daring Mapel Penjasorkes, dan (3) pengaruh positif bersama-sama dan signifikan kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap efektifitas pembelajaran daring Mapel Penjasorkes.Penelitian ini menggunakan metode kausalitas. Populasi semua kelas VII sebanyak 256, penentuan sampel penelitianmemanfaatkan tabel yang dikembangkan Isaac dan Michael sehingga diperoleh 152 sampel. Teknik untuk mengumpulkan data adalah dengan angket, dokumentasi, teknik analisis data, analisis deskriptif dan analisis statistik.Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap efektifitas pembelajaran, Besarnya pengaruh sebesar 38.4% sisanya 61.6% efektivitas belajar dipengaruhi oleh variabel lain selain yang diteliti(2) Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap efektifitas pembelajaran, Besarnya pengaruh sebesar 41.7% sedangkan sisanya 58.3% dijelaskan oleh faktor lainnya di luar model, (3) Ada pengaruh secara simultan kompetensi pedagogik dan fasilitas mediapembelajaran terhadap efektifitas pembelajaran, Besarnya pengaruh sebesar 48.8% sedangkan sisanya 52.2% dijelaskan oleh faktor lainnya di luar model.