PENGARUH LATIHAN WORKOUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LAY UP PADA SISWA EKSTRAKULIKULER BASKET DI SMA N 2 BLORA

Authors

  • Rizky Widiyatno Nugroho

Keywords:

Latihan, Workout, Lay up, Basket

Abstract

Rizky Widiyatno Nugroho “Pengaruh Latihan Workout Untuk Meningkatkan Kemampuan Lay up Siswa Ekstrakulikuler Basket di SMA N 2 Blora”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.

                       Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk dapat meningkatkan kualitas keterampilan lay up dalam olahraga basket. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah latihan workout dapat memberikan pengaruh dalam upaya peningkatan kualitas lay up bagi siswa ekstrakulikuler basket di SMA N 2 Blora.

                       Desain yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen one group pretest-postest, populasi dan sampel kelas XI Mipa 2 yang terdiri dari 35 siswa.

                       Hasil dari penelitian menunjukan bahwa latihan workout berpengaruh positif dalam upaya meningkatkan keterampilan lay up. Hal tersebut dapat dibuktikan adanya perbedaan hasil sebelum dan sesudah melaksanakan treatment. Dimana dalam pelaksanaan pretest dari 100%, sebanyak (11,4%) memiliki kemampuan lay up kanan yang cukup baik, (88.6%) kurang baik. Sedangkan sebanyak (5.7%) memiliki kemampuan lay up kiri yang baik, (5.7%) cukup baik dan (88.6%) kurang baik. Setelah melaksanakan treatment diperoleh hasil posttest dari 100%, terdapat (11.4%) melakukan lay up kanan dengan sangat baik, (62.9%) baik, sedangkan (11.4%) cukup baik, dan dan sisanya (14.3%) kurang baik. Sedangkan terdapat (2.9%) melakukan lay up kiri dengan sangat baik, (48.6%) baik, sedangkan (34.3%) cukup baik dan sisanya (14.3%) kurang baik.

                       Simpulan sesuai dengan rumusan masalah yang ada, diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka “Hipotesis Diterima” yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan workout dalam meningkatkan lay up pada peserta ekstrakulikuler basket. Saran, diharapkan pembina maupun guru PJOK dapat melanjutkan dan melaksanakan treatmen dengan mengembangkan variasi latihan yang inovatif agar memperoleh hasil yang lebih lebih baik.

Downloads

Published

2023-01-12