PERBANDINGAN LATIHAN SMALL SIDED GAMES DAN RONDO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING DAN CONTROL PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SSB SSS SEMARANG

Authors

  • Cahyo Nugroho

Keywords:

latihan small sided games, latihan rondo, Sepakbola

Abstract

Cahyo Nugroho. NPM. 18230139. “Perbandingan latihan small sided games dan rondo dalam meningkatkan kemampuan passing dan control pada permainan sepakbola di SSB SSS Semarang”. Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022. 

Penelitian di latar belakangi oleh kemampuan passing dan control yang kurang, dan kurangnya variasi dalam program latihan di SSB SSS Semarang. Tujuan dari penelitian mencari tahu latihan yang lebih baik antara latihan small sided games dan rondo dalam meningkatkan kemampuan passing dan control pada permainan sepakbola di SSB SSS Semarang. Metode penelitian yang diggunakan kuantitatif dengan Pretest-Posttest Control Group design. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan uji paired sample test yang diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Populasi penelitian adalah seluruh pemain SSB SSS Semarang KU-12 tahun. Pengambilan sampel dengan cara total sampling. Hasil mean dari kelompok small sided games pretest adalah 7,83 dan posttest adalah 10, terdapat kenaikan sebesar 2,167 dan untuk nilai sig(2-tailed) = 0,003. Sedangkan hasil mean kelompok rondo pretest adalah 8,83 dan posttest adalah 10,83, terdapat kenaikan sebesar 2 dan untuk nilai sig(2-tailed) = 0,041. Kesimpulan penelitian ini adalah latihan small sided games sedikit lebih efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan passing dan control di SSB SSS Semarang. Latihan small sided games lebih efektif karena dalam latihan ini pemain mendapatkan situasi yang hampir sama dengan pertandingan sesungguhnya. 

Downloads

Published

2023-01-15