PENGARUH LATIHAN GABUNGAN MULTIBALL DRILL DENGAN ROBOT TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE DAN BACKHAND DRIVE PADA ATLET PEMULA TENIS MEJA DI PTM ELECTRA KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Lutfil Khamroni

Keywords:

bor multiball, robot lempar, pemandu forehand, pemandu backhand

Abstract

Lutfil Khamroni. NPM 18230123. “Pengaruh Latihan Gabungan Multiball Drill dengan Robot Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive dan Backhand Drive Pada Atlet Pemula Tenis Meja di PTM Electra Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2022. 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil akurasi bimbingan forehand atlet pingpong pemula masih rendah yaitu 40% dalam kategori rendah. Hasil akurasi backhand pemain ping pong pemula masih rendah yaitu 33% dalam kategori rendah. Kurangnya konsentrasi atlet pingpong pemula dalam melakukan pukulan forehand dan backhand. Kurangnya intensitas latihan sangat mempengaruhi peningkatan keterampilan mengemudi forehand dan backhand atlet pingpong pemula. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh latihan multiball yang dikombinasikan dengan robot terhadap akurasi pukulan forehand driving pada atlet tenis meja pemula di PTM Electra Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak; dan 2) untuk mengetahui pengaruh latihan multiball yang dikombinasikan dengan pelatihan robotik terhadap akurasi pukulan backhand pada atlet tenis meja pemula di PTM Electra Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan One Group Pretest-Posttest Design Pre-Experimental Designs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) teknik tes (latihan mengemudi forehand dan backhand). Uji prasyarat data menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (regresi linier sederhana).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh latihan multiball yang dikombinasikan dengan robot terhadap akurasi pukulan forehand driving atlet pingpong pemula di PTM Electra Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dengan pengaruh sebesar 70,6%; dan 2) terdapat pengaruh treatment multiball yang dikombinasikan dengan robot terhadap akurasi pukulan backhand pada atlet pingpong pemula di PTM Electra Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dengan pengaruh sebesar 66,3%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kombinasi latihan multiball drill dengan robot terhadap akurasi pukulan forehand dan backhand pada atlet tenis meja pemula di PTM Electra Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Downloads

Published

2023-01-15