Analisis Passing dan Shooting Klub Inter Milan pada Liga Champions Eropa Tahun 2021-2022

Authors

  • Muhammad Fahmi Aryoda

Keywords:

Sepak bola, Passing dan Shooting, Inter Milan

Abstract

Muhammad Fahmi Aryoda. “Analisis Passing Dan Shooting Klub Inter Milan Pada Liga Champions Eropa Tahun 2021-2022,”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang  2022. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Sepak bola adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok (tim) dengan tujuan memasukan bola ke dalam gawang pada tim lawan. Salah satu teknik dalam permainan sepak bola adalah passing. Passing merupakan teknik dasar dalam permainan sepak bola dengan tujuan mengoper bola kepada pemain satu kelompok demi mempertahankan penguasaan bola. Teknik passing ini sangat penting dalam permainan sepak bola karena satu kelmpok harus bekerja sama menguasai bola untuk mencetak gol ke dalam gawang kelompok lawan. UEFA Champions League atau biasa disebut Liga Champions Eropa merupakan kompetisi sepak bola antar kelompok yang diselenggarakan oleh UEFA (Union of European Football Associations) atau biasa disebut uni sepak bola Eropa. Passing dan shooting merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola. Apabila tidak kenguasai kedua teknik tersebut maka mustahil bagi pemain sepak bola untuk mencetak gol di gawang lawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan passing tinggi dan shooting on target cukup rendah. Dalam penguasaan passing benar mencapai 87% di semua pertandingan, sedangkan untuk keberhasilan shooting on target di semua pertandingan hanya 30% dan mencetak 9 gol di 8 pertandingan. 

 

Tim Inter Milan pada pertandingan Liga Champions Eropa 2021/2022 melakukan 135 kali shooting, 41 (30%), kali shooting on target, 59 kali (44%) shooting off target, dan 35 kali (26%) shooting block. Shooting dilakukan lebih banyak hingga mencapai off target.

Downloads

Published

2023-01-15