PENGARUH LATIHAN MODIFIKASI BOLA DAN PUSH UP UNTUK MENINGKATKAN SERVIS ATAS EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRI SMA NEGERI 1 GROBOGAN

Authors

  • Yudha Hartanto

Keywords:

Latihan, Modifikasi Bola, Push up, Servis atas

Abstract

Yudha Hartanto: “Pengaruh latihan latihan modifikasi bola dan push up untuk meningkatkan servis atas ekstrakurikuler bola voli putri SMA Negeri 1 Grobogan”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan SoSial dan Keolahragaan, universitas PGRI Semarang, 2022.

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan mahasiswa terhadap ketidak berhasilan secara kompetitif pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bola voli putri dalam beberapa pecan terakhir. Penelitian tersebut berkeinginan mengetahui pengaruh latihan modifikasi bola serta push up pada siswa SMA N 1 Grobogan.

            Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode eksperimen semu. Populasi penelitian yakni 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai teknik sampling purposive dengan cara ordinal pairing. Untuk menguji valid atau tidaknya hasil pengujia, hal ini harus melewati pre-tes serta post-tes. Agar hasil menjadi valid dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menaikan kemapuan servis atas bola voli dengan metode modifikasi bola dan push up.

            Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh treatment modifikasi bola serta push up kepada servis atas ekstrakurikuler bola voli putri SMA N 1 Grobogan. Pengaruh latihan modifikasi bola mengalami peningkatan sebesar 20,83% dan latihan push up sebesar 15,13%. Latihan modifikasi bola lebih efektif dibandingkan dengan treatment push up kepada kenaikan ketrampilan servis atas dibuktikan dengan hasil rata-rata ketrampilan servis atas menggunakan latihan modifikasi bola yaitu 24,52 melebihi dari rata-rata nilai ketrampilan servis atas memakai push up yaitu sebesar 20,77.

            Simpulan penelitian ini yakni terdapat pengaruh treatment modifikasi bola dan push up kepada peningkatan ketrampilan servis atas ekstrakurikuler bola voli putri SMA N 1 Grobogan dan saran dalam penelitian ini diharapkan terdapat penelitian lebih lanjut pada ketrampilan servis atas bola voli mengubah ataupun menambahkan variable yang lain,serta meperluas lingkup penelitian.

Downloads

Published

2023-01-13