PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATLETIK LARI JARAK PENDEK KELAS X DI SMAN 1 RANDUDONGKAL

Authors

  • Anjarika Dini Triutami

Keywords:

TGT Teams Games Tournamen Hasill beiajar, Lari Jarakk pendek

Abstract

Anjarika Dini Triutami. NPM 18230010. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning TGT Teams Games Tournamet Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek Kelas X  di SMAN 1 Randudongkal”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I  Maftukin Hudah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Buyung Kusumawardhana, S.Pd., M.kes.,  Agustus. 2022.

Pembelajaran kooperatif  TGT team games tournament adalah model pembelajaran dengan pemberian materi yang dapat dilaksanakan melalui presentasi kelas, diskusi kelompok. Model pembelajaran TGT  memiliki sifat yang menarik bagi peserta didik. Model ini menjadi solusi dari pembelajaran lama yang kurang menarik minat peserta didik, model ini juga dapat dikembangkan dalam pembelajaran Penjasorkes. Salah satu pembelajaran penjasorkes yang kurang menjadi minat adalah atletik jarak pendek. Pembelajaran TGT ini bertujuan apakah ada pengaruh model pembelajaran TGT  terhadap hasil belajar pada pembelajaran atletik lari jarak pendek kelas X SMA N 1 Randudongkal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel sebagian atau wakil dari populasi yang dipakai dalam penelitian dengn jumlah siswa 36 masing-masing kelas. Data yang diambil yaitu nilai praktek sebelum dan sesudah diterapkannya TGT Teams Games Tournaments dan nilai kuisioner mengenai materi atletik jarak pendek. Dapat disimpulkan bahwa pada kedua kelas didapatkan hasil bahwa ada perbedaan nilai sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran TGT Teams Games Tournaments pada siswa kelas X hal ini dibuktikan juga dengan terdapat peningkatan nilai rata-rata, nilai minimum dan maksimum siswa. Maka artinya pembelajaran TGT team games tournament ini sukses  meneterapkan untuk pembelajaran materi atletik lari jarak pendek. 

Downloads

Published

2023-01-12