PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJAS SISWA DI SMK KRISTEN NUSANTARA KUDUS

Authors

  • Darmawan

Keywords:

Game Online dan Prestasi Belajar.

Abstract

Darmawan. NPM. 17230292. “Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Penjas Siswa di SMK Kristen Nusantara Kudus”. Skripsi.  Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. 2022. Pembimbing 1 Pandu Kresnapati,S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing 2 Utvi Hinda Zhannisa,S.Pd.,M.Or.

Perkembangan game online marak dikalangan peserta didik, diera globalisasi sekarang ini berkembang sangat pesat dan teknologi semakin canggih yang mengakibatkan dapat memberikan dampak negatif pada prestasi belajar penjas peserta didik. Orang tua cemas akan kemajuan teknologi terutama pada game online, sehingga penulis tertarik meneliti lebih lanjut mengenai dampak peserta didik yang kecanduan game online, berapa besar tingkat pengaruh game online tersebut pada prestasi belajar penjas peserta didik di SMK Kristen Nusantara Kudus, penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran pada dunia pendidikan dampak negatif game online tersebut pada prestasi belajar penjas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk analisis statistik deskriptif dan frekuensi, pengumpulan data dengan metode angket skala likert, guna mengumpulkan data terhadap kecanduan game online. Pengumpulan data prestasi belajar penjas peserta didik menggunakan dokumentasi, dengan nilai ratarata rapor dalam 1 semester terakhir. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20.0, guna memperoleh hasil akhir berapa besar pengaruh game online terhadap prestasi belajar penjas siswa di SMK Kristen Nusanatar Kudus, dengan rumus regresi linear sederhana. Kesimpulan hasil penelitian dijelaskan bahwa uji hipotesis F hitung sebesar 10,933 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Maka dapat diartikan variabel pengaruh game online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar penjas dan nilai rata-rata penjas. Sedangkan uji hipotesis T memperoleh nilai beta 0,636 ke arah positif dengan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05 maka H1 diterima. Hal ini dijelaskan bahwa H1 mampu menolak Ho yang berarti H1 diterima, yang artinya game online memberikan pengaruh terhadap penurunan prestasi belajar penjas.

Downloads

Published

2023-01-12